KOLEKSI CATATAN KOTBAH

Sahabat Online Pendamping Persiapan Kotbah

AMBIL KESEMPATAN KITA

(Lukas 14:15-24)

PENDAHULUAN

  1. Ketika TY diundang makan di rumah pemimpin Farisi à–>Dia melihat dan kemudian mengajarkan mengenai hal: “diundang dan mengundang” (di pasal 14 ini).

a. Pertama –> jangan berusaha ambil tempat kehormatan ketika diundang  (7-11)

b. Kedua –>  jangan mengundang orang yang mampu membalas undangan kita (12-14)

Nb.:

Kita tentunya pernah diundang dan mengundang dalam suatu pesta.

–> Siapa kira-kira yang akan kita atau mereka undang? –> Mengingat terbatasnya tempat dan dana yang ada –> shg kitapun akan memilih. Dan tentunya kriteria orang yang kita undang berbeda dengan yang Tuhan undang dalam pestaNya.

c. Ketiga –> jangan abaikan undangan atau kehormatan Sorgawi (15-24)

A. Apa yang dimaksud “Dijamu di Kerajaan Tuhan”? –> yi.: Kasih Karunia Tuhan. Kita harus mengerti Apa saja yang termasuk Kasih Karunia itu. Jangan kotak-kotakan dan pilih-pilih Kasih Karunia tertentu saja yang  kita terima atau jalani à Karena ada kemungkinan orang Tidak Mau ambil bagian dalam Kasih Karunia Tuhan à karena tidak mengerti.

Yang termasuk kasih karunia itu:

  1. Keselamatan (Ef. 2:8)
  2. Pelayanan (2 Kor. 8:4)

B. Semua Orang mendapat Panggilan Kasih KaruniaNya –> Tuhan mau rumah atau tempat pestaNya itu dipenuhi orang. Oleh sebab itu:

  1. Tuhan mengundang banyak orang (16). Mengundang disini dipakai kata kaleo = “memanggil”, “meminta”, “memerintah” bdk. Ay.23 –> “Paksalah
  2. Dan Tuhan minta kepastian kesediaan hadir dari Para UndanganNya. Undangan Kedua dan Ketiga –> Kualitas dan Strata ekonominya berbeda dengan Undangan yang Pertama.
  3. Bgm hal Keselamatan dan Pelayanan?

C. Orang yang Berbahagia

  1. Di perumpamaanNya yang ketiga (15-24) –> TY menyindir orang Farisi (Undangan Pertama), karena istilah ini umum dipakai oleh kalangan rabi.
  2. Apa maksud pertanyaan orang Farisi itu? Betapa bahagianya orang-orang yang diundang itu. Cuman berhenti disitu à mereka puas.
  3. Orang yang Berbahagia BUKAN orang yang akan DIUNDANG. Melainkan orang YANG MAU datang ke pestaNya atau AMBIL Bagian dalam PestaNya Tuhan.
  4. Masalahnya BUKAN menerima Kasih Karunia atau tidak à melainkan BAGAIMANA menjalani Kasih Karunia yang telah kita terima, itulah masalahnya.
  5. MENERIMA + menolak menjalani = MENOLAK. à Ini berarti Penghinaan Bagi yang mengundang.

D. Tidak mudah untuk dapat datang memenuhi Undangan Tuhan. Terbukti Para undangan yang layak (Generasi Pertama) –> mereka berdalih macam-macam untuk dapat menghadiri undangan Kerajaan Tuhan. Ada tantangan dan hambatan untuk menjalani dan menikmati Kasih Karunia Tuhan.

E. Tiga HAL yang DAPAT menjadi Penghambat –> Ambil Bagian dalam Kasih Karunia ini, yaitu:

  1. Harta Milik atau Kekayaan
  2. Kegiatan
  3. Keluarga

Nb. :

  1. Akan ada percepatan yang akan Tuhan lakukan –> Oleh sebab itu: jangan terpancang dengan apa yang ada pada kita dan apa yang kita kerjakan saat ini.
  2. Hati mereka yang dipenuhi dengan dunia akan melupakan dan mengabaikan hal-hal yang utama ini. Fokus dan Tujuan hidupnya hanya untuk dirinya, kehidupan saat ini dan ambisinya.
  3. Ini bukan salah! Namun, kalau hati terlalu banyak fokus ke hal-hal yang sepele ini à itu akan menjadi hambatan besar untuk dapat memprioritaskan hal kerajaan Sorga.

PENUTUP

  1. Sering Tuhan dengan berbagai cara –> mengajak kita untuk turut dalam kasih karuniaNya dalam hidup kita saat ini.(hambaNya mengatakan: “Marilah”)
  2. Kesempatan itu diberikan kepada semua orang –> namun orang yang MAU mengambil bagian itulah yang akan Menikmatinya.
  3. Akan ada banyak keterkejutan dialami oleh Undangan Pertama. (Bdk. Lukas 13:30 –> terdahulu menjadi yang terakhir).
  4. Jangan tunda-tunda –> saat ini atau tidak sama sekali. Karena Penolakan pertama akan ada penolakan yang berikutnya. Ini akibat salah Prioritas.

16/06/2009 - Posted by | OUTLINE KOTBAH | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: