KOLEKSI CATATAN KOTBAH

Sahabat Online Pendamping Persiapan Kotbah

KEPUTUSASAAN

PENDAHULUAN

1. Semua orang pernah putus Asa

–> bukan didominasi hanya oleh satu lapisan atau kalangan masyarakat saja.

–> Atau hanya dialami oleh jemaat saja. Hamba Tuhan saja dapat mengalami Putus Asa.

2. Seperti Contoh Nabi Elia.

A. Apa itu Putus Asa? –>Merasa tidak ada harapan, karena: Diliputi dengan kebingungan dan hal yang mendesak.

B. Akibat Putus Asa

  1. Tidak ada Suka cita
  2. Murung
  3. Pasif
  4. Menyendiri atau mengurung diri
  5. Tidak bergairah hidup, bahkan ada yang mencoba bunuh diri
  6. Kecewa dan Menyalahkan Tuhan

C. Penyebab Putus Asa

1. Penderitaan yang berat–> Kel. 6:8  (Lalu Musa mengatakan demikian kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mendengarkan Musa karena mereka putus asa dan karena perbudakan yang berat itu.)

2. Ancaman hidup–> 1 Raja-raja 19:14 (“Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana.Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: “Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku.”)

3. Kegagalan –> Pengk 2:20 (Dengan demikian aku mulai putus asa terhadap segala usaha yang kulakukan dengan jerih payah di bawah matahari.)

4. Tantangan –> 2 Kor. 1:8 (Sebab kami mau, saudara-saudara, supaya kamu tahu akan penderitaan yang kami alami di Asia Kecil. Beban yang ditanggungkan atas kami adalah begitu besar dan begitu berat, sehingga kami telah putus asa juga akan hidup kami.)

D. Cara terhindar dari putus Asa

1. Pandang Tuhan Yesus–> Ibr. 12:3 (Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.)

2. Ingat kembali Firman Tuhan–>Ibr. 12:5 (Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;)

3. Miliki pengertian bahwa Tuhan Turut bekerja dalam segala sesuatu –> Rm. 8:28 (Kita tahu sekarang, bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Tuhan.)

4, Percaya kita kuat menanggungnya dan ada jalan keluar–> 1Kor. 10:13 (Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Tuhan setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.)

Catatan: Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, Dia akan membuat jalan yang baru atau sesuatu yang baru –> Yes. 43:19  (Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.)

  • Nantikan Tuhan –>
  • Akan mendapat kekuatan Baru –>Yes. 40:31 (tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.)
  • Tuhan akan menolong –> Mzm. 40:2 (Aku sangat menanti-nantikan TUHAN; lalu Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.)

PENUTUP

1. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil –> kita perlu menaruh perhatian dan pengharapan pada Tuhan.

2. Jangan curigai Tuhan dengan pemikiran negatip kita.

3. Tuhan tidak pernah salah dalam mengijinkan semua itu terjadi dalam hidup kita.

4. Tuhan itu tetap baik, jangan berhenti untuk menanti-nantikan Tuhan.

28/06/2009 - Posted by | OUTLINE KOTBAH | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: