KOLEKSI CATATAN KOTBAH

Sahabat Online Pendamping Persiapan Kotbah

ABBA DAN PATER

“Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa (Pater), demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.” –

Yohanes 6:57

PENDAHULUAN

Yesus sering menggunakan istilah “Bapa” untuk menunjuk kepada Tuhan. Biasanya, Dia menggunakan istilah Abba (dady, Father), tetapi kadangkala Dia menggunakan istilah Yunani yang berbeda, yaitu: Pater. Istilah ini memiliki Empat arti: pemelihara, Pelindung, penegak dan penyedia.

  1. Pemelihara – yaitu seseorang yang membangun keluarga. Dia pribadi yang baik, penuh kasih dan mendorong setiap anggota keluarga.
  2. Pelindung – setiap rumah merindukan seorang Bapak yang kuat dan penuh kasih. Kekuatan itu digerakkan oleh kasih dalam menghadapi yang jahat sekalipun.
  3. Penegak – penegak Karakter dan nilai-nilai Ilahi. Model Penegak ini seperti yang Dia ajarkan.
  4. Penyedia – seseorang yang memenuhi kebutuhan materi, pendidikan dan kejiwaan dari keluarganya. Seseorang yang dapat disandari, bertanggung jawab dan diandalkan.

PENUTUP

Kenyataan inilah yang Tuhan Yesus ajarkan pada kita dengan menggunakan istilah Bapa (Pater). Dialah seorang Pelindung. Dialah seorang Penegak. Dan Dialah Penyedia yang baik. Itu semua yang akan memberkati kita. Tuhan sangat ingin setiap orang diangkat menjadi anak-anakNya, dengan menerima Yesus Kristus AnakNya dengan iman.

04/11/2009 - Posted by | OUTLINE KOTBAH | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: